Huskiehoops – Salah satu bunga yang paling menarik perhatian pecinta tanaman adalah bunga matahari. Bunga matahari adalah bunga yang melambangkan kebahagiaan dan kesenangan. Bunga matahari selalu indah dan elegan, itulah sebabnya banyak pecinta bunga terpesona oleh bunga matahari.

Bunga matahari berukuran besar, penampilan bunga memiliki karakter yang berbeda dengan bunga lainnya. Dengan kelopak besar dan daun hijau agak lebar mengelilinginya. Namun perlu diingat bahwa menanam bunga matahari tidaklah mudah. Apalagi jika ingin menanamnya sebagai salah satu bunga cantik di taman. Berikut cara dari Toko Bunga.

Tanam bunga matahari di tanah

Cara pertama merawat bunga matahari di rumah adalah dengan menanamnya di tanah. Padahal, di dalam tanah, bunga matahari akan tumbuh dengan baik jika terkena sinar matahari yang cukup.

Bunga matahari secara alami merupakan jenis bunga yang menyukai daerah yang bersuhu hangat. Oleh karena itu, untuk memastikan bunga matahari tumbuh dengan baik, bunga ini harus mendapat sinar matahari langsung. Bunga matahari membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh dengan baik.

Maka dari itu, bunga matahari sering dianggap sebagai salah satu tanaman hias karena bentuknya yang indah. Selain itu, Anda bisa menanam bunga matahari di pekarangan rumah. Namun, Anda perlu memperhatikan lokasinya agar selalu mendapat sinar matahari yang cukup.

Tanam di area yang tidak terkena angin kencang

Cara merawat bunga matahari yang kedua di rumah adalah dengan memastikan area tanam bunga matahari tidak sering terkena angin. Hal ini dikarenakan tanaman bunga matahari merupakan jenis tanaman yang memiliki “tubuh” yang panjang.

Oleh karena itu, jika bunga matahari dibiarkan tumbuh dan berdiri tanpa sanggahan, kemudian terkena angin kencang, bukan tidak mungkin bunga matahari cepat mematahkan batangnya.

Dan, untuk mencegah sinar matahari terkena angin kencang, diperlukan tempat khusus, seperti wadah dengan pagar. Hal ini dapat menghindari angin kencang yang dapat menerpa bunga matahari.

Namun, jika tidak ada wadah, setidaknya harus ada pagar di sekeliling bunga matahari untuk mencegah angin kencang menerpa bunga matahari.

Lindungi bunga matahari dari hama perusak

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebagai cara merawat bunga matahari di rumah adalah memastikan bunga matahari bebas dari hama. Hal ini dikarenakan bunga matahari merupakan jenis bunga yang sangat populer dengan hama. Salah satu hama yang sering merusak bunga ini adalah kepik hijau.

Kepik hijau sering menyerang biji bunga matahari. Selain itu, hama lain yang sering menyerang bunga matahari adalah wereng. Belalang sangat sering menyerang daun bunga ini. Namun, tidak hanya itu, hama jenis ini juga terkadang menyerang bunga. Dan hama lainnya seperti ulat dan belalang. Keduanya menyerang daun bunga matahari.

Bibit bunga matahari adalah salah satu yang bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Namun, meskipun Anda bukan seorang pengusaha atau petani, hama yang menyerang bunga matahari perlu diperhatikan dan diobati. Oleh karena itu, bunga matahari sangat perlu disemprot dengan cairan pengendalian hama.

Pilih area tanam bunga matahari dengan memperhatikan tingkat pH

Selanjutnya adalah pemilihan area tanam bunga matahari. Tingkat pH yang dibutuhkan untuk setiap tanaman berbeda-beda. Oleh karena itu harus disesuaikan dengan luas tanam agar bunga matahari dapat tumbuh dengan baik.

Kemudian, selain kebutuhan tiap tanaman yang berbeda, pH dan tingkat keasaman masing-masing tanah juga berbeda. Dan, untuk kategori bunga matahari membutuhkan tingkat keasaman yang sedikit, yaitu sekitar tingkat pH 6-7,5.

Namun, jika Anda tidak dapat menentukan pH dan kadar asam, bunga matahari dapat tumbuh cukup banyak di mana saja. Namun akan tumbuh paling baik jika ditanam di tanah dengan pH sekitar 6-7,5.

Sumber: Toko Bunga Online

Cara Merawat Bunga Matahari Di Rumah